CHANGE YOUR MINDS DESIGN YOUR DESTINY

BISNIS,HOBI DAN PETUALANGAN MENUJU SUKSES HAKIKI

JAGA SEHATMU SEBELUM DATANG SAKITMU

Posted by mukhlisukses pada 25 April, 2008

Hari Sabtu dan Minggu kemaren seharusnya saya dan mas Chundlori mengikuti seminar Super Learning-nya Ernest Wong di hotel Ciputra tetapi karena kami berdua “kompakan” sakit mata akhirnya tidak bisa ikut.Sebenarnya di hari Sabtu kami paksakan datang tetapi akhirnya tumbang dan menyerah lalu pulang setelah break sholat dhuhur.

Sayang sekali seminar yang sangat bermutu dan sudah lama saya idamkan terpaksa harus kami tinggalkan “hanya” karena sakit mata.Di perjalanan pulang,mas Chudhori bilang;”nggak apa-apa,sesekali ‘infaq’ sama orang kaya,semoga saja cepat ketularan kaya”.
Saya juga nyeletuk;”mungkin ini penyakitnya calon orang kaya kali”…ha…haa….haaaa,tawa kamipun meledak.Memang kami berdua mentargetkan menjadi pebisnis muslim yang berkelimpahan dan secara kebetulan keluarga kami terserang penyakit mata secara bersamaan.Nggak salah kan kalau punya kesimpulan seperti itu…kan untuk menghibur diri.
Tapi sebetulnya sakit itu mempunyai proses yang panjang dan bisa di bilang sakit adalah sebuah pilihan,karena kalau kita tidak memilih sehat yang pasti kita memilih sakit.Dan kedua pilihan tersebut ada di tangan kita.
Kalau kita memilih sehat tentunya semua unsur yang mendukung agar kita sehat harus kita patuhi dan lakukan dengan konsisten,bila tidak pada hakekatnya kita sedang memilih sakit…Tul nggak..?
Seperti hadits Nabi yang mengingatkan agar menjaga 5 hal yang positif sebelum datangnya 5 hal yang negatif,salah satunya adalah menjaga kesehatan sebelum datangnya sakit.Jadi teori mencegah lebih baik dari pada mengobati berlaku kapan saja.
Semoga dengan kejadian ini saya bisa memilih untuk slalu sehat lagi,tentunga dengan memenuhi kreteria dan syarat-syaratnya.Karena memang sudah lama tidak mengalokasikan waktu untuk olah raga walaupun alatnya ada didepan mata….kelihatan malasnya niii.
Semoga Anda sehat selalu…
By:Mukhlis,Owner BM.Raihan
NB:Baca juga postingan pak Roni tentang Sulitnya Untuk Konsisten Berolah Raga
About these ads

3 Tanggapan to “JAGA SEHATMU SEBELUM DATANG SAKITMU”

  1. Iya ya mas harus ingat terus jangan sampe kejadian baru de nyesel he……he…..

  2. Hadis Nabi tentang “lima perkara sebelum lima perkara” itu maksudnya adalah supaya kita mempergunakan waktu dan kesempatan dengan sebaik-baiknya, sebelum hilangnya kesempatan tersebut.

    Hadis tersebut diriwayatkan Imam Hakim dalam kitab al-Mustadrak.

    Lima perkara tersebut adalah sebagai berikut:

    1. “Pergunakan masa mudamu sebelum datang masa tuamu”.

    Masa muda hendaklah dipergunakan sebaik-baiknya untuk mencapai kebaikan, kesuksesan, dan keberhasilan, karena masa mudalah kita mempunyai ambisi, keinginan dan cita-cita yang ingin kita raih, bukan berarti masa tua menghalangi kita untuk tetap berusaha mencapai keinginan kita, tapi tentulah usaha masa tua akan berbeda halnya dengan usaha saat kita masih muda. Maka dari itu masa muda hendaklah diisi dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat hingga tidak menyesal di kemudian hari.

    2. “Pergunakan masa luangmu sebelum datang masa sibukmu”.

    Disini kita dianjurkan untuk menghargai waktu, agar bisa diisi dengan hal-hal yang bermanfaaat baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Misalnya, menengok saudara ketika ada kesempatan sebelum kesibukan menghampiri kita, hingga tidak sempat lagi untuk sekedar mengunjungi kerabat.

    3. “Pergunakan waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu”.

    Hal ini juga anjuran agar kita senantiasa waspada pada segala kemungkinan yang sifatnya diluar prediksi manusia, seperti halnya sakit. Sakit disini bukan sebatas sakit jasmani, tapi juga sakit rohani. Maka ketika
    kita sehat jasmani-rohani, hendaknya kita senantiasa mempergukannya untuk hal-hal yang bermanfaat tanpa mengulur-ngulur waktu.

    4. “Pergunakanlah waktu kayamu sebelum datang waktu miskinmu”.

    Tidak terlalu jauh berbeda dari penjelasan di atas, ketika kekayaan ada pada kita, baik itu berupa materi atau lainnya, maka hendaknya kita memanfaatkannya sebaik-baiknya, jangan menghambur-hamburkan.

    5. “Pergunakan hidupmu sebelum datang matimu”.

    Yang terakhir ini merupakan cakupan dari empat hal diatas. Ketika kita diberi kehidupan maka hidup yang diberikan pada kita itu sebenarnya merupakan kesempatan yang tiada duanya. Karena kesempatan hidup tidak akan datang untuk kedua kalinya. Kehidupan harus dijalani sesuai tuntutan kemaslahatannya.

    Lima hal itu merupakan inti misi dan visi hidup manusia, karena kunci kesuksesan itu terletak pada bagaimana kita “mempergunakan kesempatan dengan sebaik-baiknya”.
    Mempergunakan kesempatan adalah bentuk pasrah pada upaya & usaha, bukan pada hasil. Prinsip pasrah pada upaya & usaha akan membentuk jiwa yang teguh, tegar, kuat, dan tidak mudah putus asa. Bila suatu saat upaya kita belum menghasilkan target yang kita harapkan, maka kita tidak lantas putus asa, karena kewajiban kita adalah berupaya. Berupaya dan berupaya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: