CHANGE YOUR MINDS DESIGN YOUR DESTINY

BISNIS,HOBI DAN PETUALANGAN MENUJU SUKSES HAKIKI

PELUANG USAHA DI BULAN PUASA(BULAN RAMADHAN)

Posted by mukhlisukses pada 12 Agustus, 2008

Bila kita cermati,banyak peluang usaha yang bisa diambil pada bulan Ramadhan.Bisa dijadikan bisnis musiman atau malah diteruskan setelah bulan puasa usai atau mengembangkan usaha yang sudah ditekuni dengan membidik lebih serius pada kebutuhan konsumen di bulan ini.Bila Anda belum pernah membuka usaha,bisa menjadikan bulan ini sebagai ajang latihan untuk memulai membuka bisnis.Bagaimana..?

Diantara beberapa usaha yang bisa di andalkan pada bulan Ramadhan adalah:

@Memproduksi atau berjualan busana muslim,seperti baju koko,mukena,jilbab,sajadah,peci,gamis,sarung baju muslim anakdan lain sebagainya.Atau bisa juga busana umum baik untuk laki-laki atau perempuan dari mulai balita,anak-anak.remaja sampai untuk orang dewasa.Bisnis busana termasuk yang paling menikmati panen raya pada bulan puasa ini,dari mulai pedagang kaki lima,pedagang kreditan di kampung-kampung sampai pemain kelas kakap selevel Sogo,Seibu,Matahari,Ramayana,dan lain sebagainya.

@Membuat atau menjual kue khas lebaran yang beraneka ragam.Walaupun banyak juga yang membuat sendiri tetapi masih banyak orang yang lebih suka membeli kue-kue lebaran di pasar atau di mall.Ini juga berhubungan dengan budaya halal bihalal yang sudah mendarah daging pada masyarakat kita.Sehingga diperlukan banyak suguhan pada hari yang fitri tersebut untuk menjamu tamu yang datang.Dan ini adalah potensi pasar yang besar,kita bisa ikut nimbrung menikmati usaha yang “lezat” ini.

@Memproduksi atau menjual beragam jajanan khas buka puasa,seperti kolak,es campur,es buah dan lain sebagainya.Konsumen yang sibuk biasanya tidak sempat membuat kolak atau sejenisnya untuk berbuka puasa,makanya banyak pedagang musiman menawarkan produk tersebut untuk memenuhi tuntutan pasar yang lagi “haus” ini.

@Melayani catering untuk buka puasa,biasanya banyak yang mengadakan buka puasa bersama,jadi kebutuhan catering untuk buka puasa meningkat tajam.Memang di butuhkan modal yang besar dan kayaknya hanya pemain catering yang sudah eksis yang bisa merebut peluang ini.Tetapi tidak ada salahnya memulai usaha pada bulan ini dengan membidik segmen “buka bersama” sebagai pasar utama.

@Berjualan atau mendistribusikan kurma,kebutuhan kurma biasanya meningkat tajam pada saat bulan Ramadhan.Walaupun banyak supermarket sampai hypermarket juga menjual kurma,dan kadang harganya sangat kompetitif.Tetapi sebetulnya peluang berjualan kurma pada bulan puasa masih sangat luas.Atau bisa juga menjual produk seperti kolang-kaling karena kebutuhan yang meningkat tajam,entah lewat pasar tradisional atau pasar modern.

@Berjualan parcel pada bulan puasa juga menarik untuk ditekuni,karena biasanya bisnis ini mengalami masa puncaknya pada bulan ini.Bisa juga bekerjasama dengan para pembuat jasa parsel yang banyak bertebaran di jakarta,seperti di bawah stasiun Cikini,entah menjadi sales atau makelar parsel dengan menawarkanya ke perkantoran atau dengan cara iklan di koran atau majalah.Atau bisa juga dengan menitipkan paket parsel  di supermarket atau minimarket,seperti di Tip Top,Alfamart,Indomaret dan lain sebagainya.

@Berjualan buku-buku islam bisa dijadikan pilihan,bisa juga ditambah dengan vcd dan kaset islami sampai minyak wangi.Entah itu di mall atau di dekat dengan aktifitas umat muslim yang membutuhkan produk tersebut.

Masih banyak usaha atau bisnis lain yang bisa dilakukan dalam bulan ini,bergantung pada modal yang di miliki,entah kecil atau besar atau mungkin banyak juga yang hanya bisa di lakukan di daerah tertentu karena berhubungan erat dengan budaya dan adat setempat.Tetapi pada intinya banyak sekali bidang usaha yang bisa di mulai atau dikembangkan pada bulan Ramadhan ini,tergantung keberanian kita untuk mengambilnya.

Apa ide bisnis yang akan Anda eksekusi pada bulan puasa ini ?

Semoga sukses slalu….

BY:Mukhlis,Owner BM.Raihan

About these ads

29 Tanggapan to “PELUANG USAHA DI BULAN PUASA(BULAN RAMADHAN)”

  1. roffi said

    artikel yang bagus mas

  2. Koran Saya said

    jualan kue kayaknya paling menarik.

  3. Umi said

    mas..
    sebenernya ak juga pengen banged usaha..
    cuman bingung mau muLainya dari mana..:(

  4. unduk said

    Emang oke mencermati peluang usaha musiman, cenderung cepat menghasilkan dalam waktu relatif singkat.

  5. Hedwig™ said

    tambah lagi.. anter jemput.. mudikers

  6. Darmawan said

    semuanya tergantung niat, tekad, dan action dalam menjalankan bisnis musiman tersebut.

  7. [...] Oh ya.. bulan puasa kan sudah dekat, bagaimana kalau anda menyiapkan ide bisnis yang bisa dilakukan pada bulan ini?? Saya persilahkan anda untuk membaca blog Mukhlisin deh karena  beliau menulis tentang peluang usaha di bulan ramadhan [...]

  8. liesfr said

    Bulan ramadhan memang bulan penuh berkah, apapun jenis usaha halal yg diupayakan di bulan ini memberi keuntungan/rijki, terutama usaha makanan dan pakaian.

  9. Iya untuk bulan Ramadhan n Lebaran itu paling enak kue kering.. atau keridung dan baju muslim. atau pun sepatu. Saya punya usaha kue kering, harganya 15rb per toples. Tapi klo beli Lusinan lebih murah loh. klo mau liat silahkan liat di blog saya.

    http://sylvia6komp.wordpress.com/

    Thx

  10. akhwatsporty said

    SEMANGAT!!!, Give the best untuk Ramadhan kali ini,,,
    Mohon maaf atas segala khilaf… :)

  11. pengendara said

    saya punya peluang usaha yang tidak pernah terealisasikan hingga sekarang.
    peluang usaha saya adalah berusaha untuk menunaikan tugas dan kewajiban sebagai seorang muslim sejati di bulan puasa, tapi jarang tertunaikan dengan baik, atau malah tidak pernah. selalu ada kekurangan.

  12. Alfan Jr. said

    Memang boleh saja memanfaatkan peluang bisnis di bulan puasa, tetapi orientasinya mengarah kpd untungnya saja, tak dipikirkan modalnya. Apa itu modal? a. modal kesanggupan bahwa bisnisnya tidak merusak ibadahnya minimal tak mengganggunya utamanya jenis jualan makan-minuman. b. modal bea
    Dua biji item tsb. mempunyai konsekuensi cukup berat khususnya item (a). Apa anak/istri/pembantu diberdayakan untuk itu? Situasi normal saja mereka amat kelelahan, apalagi sikon puasa. Setega itukah kita, he man?

  13. [...] PELUANG USAHA DI BULAN PUASA(BULAN RAMADHAN) Bila kita cermati,banyak peluang usaha yang bisa diambil pada bulan Ramadhan.Bisa dijadikan bisnis musiman atau malah [...] [...]

  14. f3ihung said

    jajanan buka puasa bisa dilirik tuh. Kalo mau bisa terus jalan setelah bulan puasa, jual kue-kue yang unik. Misalnya susu goreng, keju rebus, poko’e yang namanya aneh-aneh deh (Menurut saya sich gitu :) ). Kemarin saya dah tes pasar. Komentarnya banyak yang bilang enak sekali. Tapi apa cocok ya susu goreng di jual untuk jajanan buka puasa ???!!!!

    http://f3ihung.wordpress.com

  15. Seputar HP said

    Pengen juga bikin usaha…

  16. Igro said

    Usaha musiman di bulan puasa enaknya jualan petasan. Untung jualan petasan sangat menggiurkan apalagi pada saat malam takbiran… Dor dor dor

  17. aglc said

    .Salam Persaudaraan….
    Nama gue themphee alamat gue daerah jakarta barat, gue mau ajak temen temen yang mengendarai Honda astrea legenda untuk bergabung dan membuat
    JAKARTA ASTREA LEGENDA COMMUNITY (JALC) keren kan bro,.. kita bisa kumpul-kumpul, berbagi cerita, berbagi pengalaman, menjalani persahabatan sesama pengguna dan pecinta honda astrea legenda, mungkin kita bisa menjadi suatu komunitas yang solid. So gue sangat berharap sebelum kita berkumpul tolong bro kirim email / telp / sms ke gue untuk persiapan kumpul bareng di tempat yang nanti kita tentukan, Mohon nama bro, plat nomer motornya berapa.? Dan nomer telp yang bisa dihubungi berapa? kira kira kalo sudah siap waktu dan tempatnya kita kumpul bareng dan kita bisa bicarakan komunitas kita nanti oke, gue tunggu kabar dari temen-temen semua…….
    Atas perhatian dan partisipasinya makasih yee…….. “nggk usah bingung bro… datang nggak dijemput, pulang juga nggak diantar. Suka-suka kita aja….. ( lu mo nongkrong silahkan, ngk nongkrong juga nga apa-apa. ) yang penting solid.”

    Mohon informasikan diri anda agar kita bisa berkumpul, mari kita dirikan bersama agar komunitas kita menjadi komunitas yang solid, bukan hanya asal komunitas. Mohon informasinya ke mailing : themphee@yahoo.com (wil.Barat-utara-pusat)
    dan juga bisa ke mailing : andre_r4fi@yahoo.com. (wil.timur-selatan)
    atau bisa telp / sms di 08121076565.
    Atau Comment di http://aglc.wordpress.com

  18. Hartono said

    lagi lirak lirik cari usaha menjelang ramadhan

  19. Fathur said

    Bagus bgt idenya. .

  20. surya said

    thx dari situs ini w ambil topik bwt pelajaran di skul ..
    hehe …

  21. Sepakat dengan mas igro…Enak bisnis petasan,saya juga jual di blitar…dan ada satu lagi yang bagus.Bisnis mini 4wd tamiya.Thanks
    brow infonya

  22. sandy said

    ramadhan memang selalu membawa berkah.ALLOH telah menganugerahi akal dan peluang untuk meningkatkan kesejahteraan jasmani dan rohani di bulan suci ini.

  23. dari pada bingung2.., jual cendol /dawet juga sangat menarik tu di bulan yang penuh berkah ini…
    Marhaban Ya Ramadhan…, buat teman semua.., mohon maaf atas segala kesalahan…
    Makasih banyak guys…

  24. muhsin said

    Kalo ada yang mo ngisi waktu puasa dengan belajar bahasa jepang , silahkan hub saya untuk private guru datang ke rumah. Hub. 081316728595. Untuk pemula dan lanjutan. Persiapan ke jepang atau cuma untuk konsultasi pelajaran di kuliahan. Untuk jabodetabek, cikarang, cibitung dan sekitarnya. Berpengalaman sejak 1998, baik perorangan maupun perusahaan. Belajar bisa setelah jam kerja (jam 7 sd 9 malam), atau sabtu dan minggu. email : bahasajepangprivate@gmail.com , atau bahaajepangprivate@yahoo.com

  25. Artikel bagus, ijin share yah dg backlink…

  26. bisnis apapun yang penting dijalani dengan senang , optimis, dan tekun. InsyaAllah lancar.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: