CHANGE YOUR MINDS DESIGN YOUR DESTINY

BISNIS,HOBI DAN PETUALANGAN MENUJU SUKSES HAKIKI

DI BALIK KESUKSESAN TEH BOTOL SOSRO

Posted by mukhlisukses pada 20 April, 2008

Coca-Cola dan Pepsi adalah segelintir perusahaan asing yang produk minumannya familiar di kalangan masyarakat Indonesia. Saking hebatnya brand image yang dibangun sehingga seolah-olah produk mereka telah manjadi bagian dari hidup bangsa kita. Dengan leluasa mereka menjadikan indonesia dengan segala potensinya menjadi pasar empuk bagi produk yang dihasilkan. Tidak banyak produk indonesia yang begitu membanggakan dan mampu “menghajar” kekuatan kapitalis internasional itu.
Salah satu produk membanggakan itu adalah Teh Botol Sosro.Kesuksesesan sosro dalam merebut hati konsumen Indonesia sesungguhnya dilihat dari aspek pemasaran cukup unik. Sosro,dalam beberapa hal, telah mengabaikan hukum-hukum umum yang terdapat di ilmu pemasaran.
Misalnya saja mengenai perlunya riset pasar sebelum meluncurkan produk. Konon kabarnya sebelum sosro hadir, ada sebuah perusahaan asing yang ingin mengeluarkan produk teh dalam botol seperti yang dilakukan sosro saat ini. Kala itu sang perusahaan menyewa jasa sebuah biro riset pemasaran untuk menguji kelayakan dan prospek produk tersebut di Indonesia. Setelah meneliti dan mengamati kebiasaan minum teh di masyarakat sang biro pun menyimpulkan bahwa produk ini tidak memiliki prospek bagus untuk dipasarkan di Indonesia. Biro itu beralasan bahwa budaya minum teh pada bangsa Indonesia umumnya dilakukan pagi hari dalam cangkir dan disajikan hangat sehingga kehadiran teh dalam kemasan botol justru akan dianggap sebuah keanehan.
Sosrodjojo, pendiri perusahaan sosro, justru berpikir sebaliknya. Awalnya ide kemasan botol berasal dari pengalaman tes cicip (on place test) di pasar-pasar tradisional terhadap teh tubruk cap botol. Pada demonstrasi pertama teh langsung diseduh di tempat dan disajikan pada calon konsumen yang menyaksikan. Namun cara tersebut memakan waktu lama sehingga calon konsumen cenderung meninggalkan tempat. Kemudian pada uji berikutnya teh telah diseduh dari pabrik dan kemudian dimasukkan ke dalam tong-tong dan dibawa dengan mobil. Akan tetapi cara ini ternyata membuat banyak teh tumpah selama perjalanan karena saat itu struktur jalan belum sebaik sekarang. Akhirnya sosro mencoba untuk memasukkannya pada kemasan-kemasan botol limun agar mudah dibawa. Berangkat dari itu mereka berpikir bahwa penggunaan kemasan botol adalah alternatif yang paling praktis dalam menghadirkan kenikmatan teh lansung ke konsumen.
Dari awal produk ini ditargetkan untuk konsumen yang sering melakukan perjalanan seperti supir dan pejalan kaki sosro . Sosro menyadari bahwa segmen konsumen ini memiliki keinginan hadirnya minuman yang dapat menghilangkan dahaga di tengah kelelahan dan kondisi panas selama perjalanan. Atribut kepuasan ini dicoba untuk dipenuhi dengan menghadirkan minuman teh dalam kemasan botol yang praktis dan tersedia di kios-kios sepanjang jalan. Untuk menambah nilai kepuasan teh botol ini disajikan dingin dengan menyediakan boks-boks es pada titik-titik penjualannya (penggunaan kulkas pada saat itu belum lazim).
Tentu saja merubah kebiasaan tak semudah membalik telapak tangan . Pada masa-masa awal peluncurannya, teh botol sosro tidak banyak dilirik oleh konsumen. Mereka justru menganggap aneh produk ini karena kemasan botol dan penyajian dinginnya. Namun sosro tidak patah arang. Perusahaan ini terus mengedukasi pasarnya melalui iklan-iklan di berbagai media dan promosi-promosi on the spot. Perlahan tapi pasti produk teh botol sosro mulai mendapatkan tempat di hati konsumen Indonesia. Terlebih ketika slogan “Apapun makannya, minumnya teh botol sosro” di munculkan. Slogan ini tidak saja mengguncang sesama produk teh namun juga produk minuman secara keseluruhan.
Keunikan kedua dari metode pemasaran teh botol sosro adalah pada kekakuan dari produk itu sendiri. Sesuai teori pemasaran, konsumen secara alami mengalami perubahan atribut kepuasan seiring berjalannya waktu. Perubahan itu dapat disebabkan karena gaya hidup, kondisi ekonomi, atau kecerdasan yang makin meningkat. Seiring perubahan pasar itu harusnya produk yang dipasarkan harus menyesuaikan dan mengikuti tren yang ada. Namun yang terjadi pada produk teh inovatif ini justru kebalikan. Semenjak diluncurkan pada tahun 1970, produk teh botol sosro baik rasa, kemasan logo maupun penampilan tidak mengalami perubahan sama sekali. Bahkan ketika perusahaan multinational Pepsi dan Coca cola masuk melalui produk teh Tekita dan Frestea, Sosro tetap tak bergeming. Alih-alih merubah produknya, dengan cerdas sosro justru melakukan counter branding dengan mengeluarkan produk S-tee dengan volue yang lebih besar. Strategi ini ternyata lebih tepat, kedua perusahaan multinasional itu pun tak berhasil berbuat banyak untuk merebut hati konsumen Indonesia.
Sekelumit kisah sukses sosro itu memberi pelajaran pada kita betapa pemasaran tidak hanya sekedar ilmu yang eksak. Faktor knowledge terkadang hanya memberi kontribusi kecil pada kesuksesan produk kita ketika dipasarkan. Faktor sisanya adalah seni dan intuisi yang dapat memandu para pemasar mencapai hasil yang di luar dugaan. Gabungan antara ketiganya lah yang dapat menghasilkan seorang pemasar yang jenius dan berpikir di luar kebiasaan yang Ada. Mungkin tidak banyak orang seperti itu di dunia ini, tapi mungkin juga dari jumlah yang sedikit itu ternyata Anda lah salah satunya.
By M.T.Assyaukani
Sumber;http://www.marketing.co.id/WebSite/DisplayArticle.aspx?Id=16

Di posting ulang oleh:Mukhlis,Owner BM.Raihan

10 Tanggapan to “DI BALIK KESUKSESAN TEH BOTOL SOSRO”

  1. tri said

    Selamat untuk produk anak Indonesia…
    Saya pikir apa yang dikatakan M.T.Assyaukani adalah benar…. dan saya rasakan setelah keluarnya slogan
    ” apapun makanannya, minumannya teh botol sosro” itu produk Teh botol sosro terus diburu masyarakat… dan itu adalah slogan yang smart. Selamat buat teh botol sosro, saya salah satu penggemar-mu…….

    salam

  2. Aslam said

    SALAM SUKSES
    Nama saya Aslam, 024 70656335.. adalah pemilik warnet di kawasan kampus UNNES semarang, untuk melengkapi kenyamanan pelanggan dalam ngenet, saya ingin mengajukan kerjasama dengan pihak tehbotol sosro untuk meminjamkan lemari pendingin untuk kami tempatkan dalam warnet. sudah banyak member kami yang bertanya mengenai hal itu, semoga pihak tehbotol sosro bisa memberikan solusi. APAPUN MAKANANNYA..MINUMNYA TEHBOTOL SOSRO. Mohon Cepet dibales.

  3. steven said

    saya ingin menanyakan..”saya ingin mengajak sosro dalam bekerjasama dalam pameran kami dimana kami membutuhkan tenda buat makan dan Lemari Es dalam food centernya..yang akan diadakan 4 hari dari tgl 9-12 Maret 2009..bertempat di UNTAR II”dimana saya bisa mendapatkan contact personnya dalam hal sponsorship seperti ini.tq^^

  4. mukhlisukses said

    To Steven,coba saja kontak ke sini http://www.sosro.com/indonesia/contact.htm
    Atau hubungi agen besar terdekat di wilayah Anda.Mksh

  5. icha said

    sya sdang dlam proses membuat makalah tentang PT. Sinar Sosro.sya ingin brtanya lgsng lwt emal,apa bisa?

  6. suchma andy said

    saya mau tanya untuk peminjaman lemari pendingin gmna caranya? untuk softdrink warnet saya…
    lokasi saya di kec. rengel kab. tuban.
    saya melihat smua warnet di tuban mendapat neon box sama lemari pendingin.
    terima kasih atas perhatian dan besar harapan saya untuk bisa kerja sama dengan perusahaan bapak.

    GIGANET Management

    • mukhlisukses said

      @Andy:Maaf sy tdk punya link ke produsen teh botol sosro.Tp biasanya untuk mendapatkannya bs menghubungi agen Teh botoh atau Coca Cola di kota Anda.Bila setelah di survey tempat Anda memenuhi syarat mereka maka pasti di pinjamin.Mksh

  7. Michael Herjuno said

    Mau tanya, kenapa teh botol sosro tidak dikems dlm botolll plastik. Khan bisa lebih praktis dibawa kemana mana.

    • mukhlisukses said

      @Michael:Pada saat di rintis…yg paling praktis adalah di botol kaca dan blm ada botol plastik.Dan saat ini masih jg di gunakan krn memang segmen pasar tsb masih ada dan sdh sangat mengakar jd blm bisa di ganti secara penuh dg botol plastik.Kelebihan botol dr kaca adalah bisa di gunakan berulang2 dan di situ ada efesiensi.Mungkin pihak Sosro jg punya banyak alasan lain..Mksh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: