CHANGE YOUR MINDS DESIGN YOUR DESTINY

BISNIS,HOBI DAN PETUALANGAN MENUJU SUKSES HAKIKI

TRIK MEMBUAT MEREK YANG “MENJUAL”

Posted by mukhlisukses pada 20 April, 2008

Apakah arti dari sebuah nama?,kata kang William Shakespeare.Mawar dengan nama apa pun akan tetap wangi atau sebaliknya nama sebagus apa pun tidak akan membuat sang pemilik nama otomatis menjadi baik pula. Dalam konteks ini, sebuah nama hanyalah salah satu tanda untuk mengenali sesuatu atau seseorang.

Tanda untuk membedakan dengan anak tetangga,tanda agar mudah dikenali,tanda untuk absensi di sekolah,tanda dalam kartu pengenal.Dan berbagai fungsi yang lainya. Bayangkan betapa sulitnya menunjuk seseorang bila tanpa menggunakan nama.

Untuk memanggil Semprul misalnya, barangkali orang harus mengatakannya dengan lelaki berwajah kotak dan berhidung pesek serta sedikit bloon yang tukang bohong dan berhutang serta ngekos di samping toilet umum….Capee’ deeeeh…

Tetapi dalam Islam nama adalah sebuah do’a dan harapan dan kita dianjurkan untuk memberi nama yang baik kepada anak-anak kita.Dalam konsep Islam minimal ada 3 hal yang harus diperhatikan dalam memberi nama;

Pertama:Nama tersebut mengandung arti pujian seperti;Ahmad atau Muhammad

Kedua:Mengandung arti do’a dan harapan seperti;Aflah atau Sholih

Ketiga:Mengandung arti semangat atau menimbulkan semangat bila mendengarnya seperti;Saefullah atau Asadullah

Tentu tidak etis bila orang tua memberi nama anaknya dengan nama yang berkonotasi negatif semisal;Jahannam,Tengik,Jongos dan lain sebagainya.Mendengarnya saja tidak enak apalagi menyandang nama tsb.

Tidak berbeda jauh dengan teori memilih merek dalam bisnis,kita seharusnya memperhatikan beberapa aspek sehingga merek atau brand kita mendulang sukses.Dan sebuah brand yang bisa dikelola dengan baik bisa berumur puluhan bahkan ratusan tahun,
Bagaimana Coca-cola bisa laris manis sampai hari ini?,salah satu faktornya adalah karena pemilihan nama yang baik.

Berikut ini Trik atau sedikit kiat untuk membuat atau memilih merek,setidaknya menurut yang saya ketahui…..

Pertama; Patuhi hukum S&W (Speakable & Writable), Sebuah merek hendaknya mudah diucapkan dan juga mudah ditulis. Karena sebetulnya merk adalah milik konsumen dan merekalah yang menilai merek Anda, buatlah semudah mungkin agar konsumen dapat membaca dan mengejanya karena bila merek Anda susah diucapakan maka merek Anda akan dilupakan.
Salah satu caranya adalah dengan hanya menggunakan maksimal DUA SUKU KATA,karena kalau terlalu panjang maka akan susah diingat dan membosankan dalam pengucapan.

Kedua;Merek itu harus mempunyai arti yang baik dan diterima konsumen yang dibidik karena bahasa didunia ini sangat banyak sekali dan sebuah suku kata bisa saja mempunyai arti yang baik disatu daerah atau negara tetapi mempunyai arti yang jelek di negara lain.Karena bila hal ini tidak diperhatikan maka akan runyam akibatnya.Paling tidak Anda jangan membuka restoran dengan nama ‘THAI KEBO’ di jawa karena dipastikan tidak akan ada yang mau makan di restoran Anda.tetapi mungkin saja Anda akan menuai sukses bila membukanya di Thailan…he..hee…heeee………

Ketiga.Buatlah merk memiliki makna yang dapat ditangkap oleh konsumen Anda, Xerox identik dengan xeroxgraphy atau teknologi fotocopy, vegeta mengadaptasi dari vegetable atau kaya akan serat, So klin bisa diartikan benar-benar bersih,atau mungkin Anda bisa memberi nama toko Anda ‘Serba Murah’ untuk mengesankan produk yang Anda jual paling kompetitif harganya.Atau bisa juga memilih merk sesuai dengan produk yang anda jual,misalnya Anda hanya menjual kaos oblong,Anda bisa memberi nama toko Anda ‘Istana Oblong’ atau ‘Raja Oblong’.

Keempat; Bentuk logo atau tulisan merek mudah dilihat dan dibaca.
Kadang masih kita temui sebuah merek yang ditulis dengan font yang aneh dan untuk membacanya butuh waktu “seminggu”,seolah olah kita tidak boleh mengetahui merknya. Bagaimana konsumen akan tertarik dengan produk yag dijual bila mereknya saja sulit mereka kenali.Begitu juga dengan logo,usahakan memperhatikan pada public attention serta memberi citra yang baik pada brand itu sendiri.Bukan malah semakin membuat bingung konsumen.

Kelima;Bisa saja Anda membuat nama merk Anda berupa plesetan atau kata-kata yang unik sehingga membuat penasaran banyak orang dengan harapan mereka akan menjadi konsumen Anda.Setidaknya itu dilakukan oleh TUKANG TAMBL BAN pada foto diatas yang memberi nama usahanya ITB singkatan dari INSTITUT TAMBAL BAN.

Semoga bisa menjadi inspirasi….

Salam sukses slalu…

By:Mukhlis,Owner BM.Raihan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: