CHANGE YOUR MINDS DESIGN YOUR DESTINY

BISNIS,HOBI DAN PETUALANGAN MENUJU SUKSES HAKIKI

10 KARAKTER KONSUMEN INDONESIA (Bagian Pertama)

Posted by mukhlisukses pada 21 Mei, 2008

Inilah karakter-karakter konsumen Indonesia yang harus kita pahami agar lebih mudah dalam menyusun strategi pemasaran.
Postingan ini saya sarikan dari majalah Marketing edisi khusus.
10 karakter khas konsumen Indonesia ini adalah hasil dari pengamatan Bapak Handi Irawan D yang sudah puluhan tahun bergelut di dunia riset pemasaran.
Untuk lebih lengkapnya Anda bisa membaca majalahnya langsung.

Indonesia memilki lebih dari 220 juta penduduk dengan ratusan suku yang tersebar di berbagai pulai.Sekalipun berbeda-beda suku dan bahasa,namun pasti ada kesamaan karakter,yang bisa dijadikan patokan bagi para marketer untuk menjalankan strategi marketing.10 karakter unik konsumen Indonesia bisa di jadikan referensi yang pas untuk itu.Namun Anda harus hati-hati menyelami karakter ini.

10 karakter unik itu adalah:

Karakter #1:BERPIKIR JANGKA PENDEK.
Ternyata sebagian besar konsumen Indonesia hanya berpikir jangka pendek dan sulit diajak berpikir jangka panjang salah satu cirinya adalah dengan mencari yang serba Instan.Makanya produk semacam Extra Joss,Hemaviton Jreng,Indomie dan lain sebagainya laris manis.

Sebaliknya masih sangat susah sekali memasarkan asuransi pada sebagian besar penduduk indonesia karena konsumen cenderung enggan melakukan investasi (dalam bentuk apapun) yang hasilnya bisa dinikmati mungkin belasan tahun ke depan.

Salah satu strategi yang masih ampuh untuk konsumen berpikiran pendek adalah dengan memberikan DISKON dan hadiah langsung.Survei AC Nielsen menunjukkan 76% pembeli menyukai diskon harga dan 18% menyukai hadiah langsung.Saya sudah sering kali membuktikan strategi ini.

Karakter #2:TIDAK TERENCANA.
Konsumen Indonesia termasuk konsumen yang tidak terbiasa merencanakan sesuatu.Sekalipun sudah,tapi mereka akan mengambil keputusan pada saat-saat terakhir.kebiasaan ini mirip dengan kebiasaan konsumen nomer satu.Namun jika kebiasaan pertama tidak melihat jauh ke depan,kebiasaan kedua ini tidak menyiapkan sesuatu jauh di belakang.

Mungkin rata-rata kita dulu juga mengenal SKS (sistem kebut semalam) dalam belajar atau dalam menyelesaikan tugas-tugas tertentu.Termasuk dalam mendaftar seminar sampai membayar tagihan,semua dilakukan dalam waktu yang mepet.

Salah satu bentuk perilaku konsumen yang tidak punya rencana adalah terjadinya IMPULSE BUYING (membeli tanpa rencana/spontan membeli ketika tertarik dengan sebuah produk).Berdasarkan survei Nielsen,ternyata 85% pembelanja ritel modern cenderung untuk berbelanja sesuatu yang tidak direncanakan.Strategi yang paling baik untuk karakter ini adalah dengan membuat display semenarik mungkin dan strategis tempatnya atau bisa juga di bantu dengan SPG.

Karakter #3:SUKA BERKUMPUL.
Kebiasaan suka berkumpul sudah melekat dalam budaya konsumen kita,sampai adalah istilah “mangan ora mangan ngumpul” dalam masyarakat jawa.
Strategi paling efektif untuk karakter ini adalah strategi komunikasi Word of mouth,ini terbukti dari riset para pembeli rumah lewat KPR,awarenness tertinggi konsumen terhadap produk KPR bukanlah berasal dari iklan atau brosur,tetapi justru datang dari teman atau relasi.Hal serupa juga terjadi dalam pembelian minyak pelumas.

Kesuksesan yang di raih Amanda brownies dan Kartika Sari dari Bandung juga mengandalkan strategi ini.Kata kunci dari strategi word of mouth ini adalah terletak pada opinion leader dari komunitas yang ada.Sebab jika sang pemimpin bisa diyakinkan pada sebuah merk,maka dia akan memberikan rekomendasi kepada komunitasnya.

KARAKTER #4:GAGAP TEKNOLOGI.
Rendahnya penetrasi teknologi tinggi di indonesia menunjukkan bahwa mayoritas konsumen kita relatif masih “gaptek” sehingga adopsi terhadap suatu teknologi relatif jauh lebih lambat.

Hal ini tampak dalam survei Frontier tentang alasan konsumen tidak menggunakan mobile banking,32,66% mengatakan tidak tahu mengoperasikannya dan 16,75 menganggapnya tidak aman.begitu juga dengan penetrasi penggunaan internet,baru menyentuh angka 9,0% bandingkan dengan malaysia yang penetrasinya sudah 47,8%.

Rendahnya tingkat penetrasi produk teknologi tinggi ini berhubungan erat dengan dengan tingkat pendidikan masyarakat kita.Namun,jangan pesimis dulu.Sebab,konsumen yang berusia muda kini lebih adaptif dengan teknologi baru karena dorongan arus globalisasi.
Sayangnya,daya beli mereka tidak begitu tinggi.Untuk mengatasi masalah daya beli ini,pemasar bisa mengusung strategi PRICE BUNDLING,seperti yang di lakukan Frent,Esia,Flexi dan yang lainya.Bisa juga dengan mempermudah penggunaanya,seperti yang dilakukan oleh Nokia.

KARAKTER #5:ORIENTASI PADA KONTEKS.
Konsumen kita cenderung menilai dan memilih sesuatu dari tampilan luarnya.Dengan begitu,konteks-konteks yang meliputi suatu hal justru lebih menarik ketimbang hal itu sendiri.
Tiga ciri spesifik konsumen kita dalam menyerap informasi.Pertama,memiliki minat baca yang rendah.kedua,memilih segala sesuatu-baik dari membaca atau menonton- yang ringan dan menghibur.Ketiga,mudah diubah persepsinya.

Dampak dari ciri tersebut terhadap perilaku komsumsi orang Indonesia dibuktikan dengan layanan informasi SMS yang didominasi layanan ring tones dan musik.selain itu tampak pula dengan tingginya rating acara-acara infotainment.Keengganan membaca juga menyebabkan konsumen kurang memperhatikan informasi yang terdapat pada suatu produk.

Banyak produk farmasi yang mempunyai kandungan yang sama persis dan fungsi yang sama tetapi karena cara komunikasinya berbeda,akhirnya persepsi yang tercipta lain pula.sekitar 99% konsumen kita tidak mengerti kandungan obat bebas.
Sementara itu dulu,Insya Allah akan saya sambung pada postingan berikutnya…
Salam sukses slalu….

By:Mukhlis,Owner BM.Raihan

10 Tanggapan to “10 KARAKTER KONSUMEN INDONESIA (Bagian Pertama)”

  1. infogue said

    Artikel di blog ini bagus-bagus dan berguna bagi para pembaca. Anda bisa lebih mempromosikan artikel Anda di infoGue.com dan jadikan artikel Anda Topik yang terbaik bagi para pembaca di seluruh Indonesia. Tersedia segera plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!

    http://marketing.infogue.com/
    http://marketing.infogue.com/10_karakter_konsumen_indonesia_bagian_pertama_

  2. Henry Saputra said

    saya sih terbantu sekali dengan web ini, karena saya sedang mengerjakan UTS Komunikasi bisnis saya yaitu tentang variable komunikasi dan analisis pesan berdasarkan budaya konsumen di Indonesia. panjang ya.. hehehe

  3. thejows said

    weleh hebat ey

  4. stargazer said

    saya cinta kom. budaya,,,
    makasih,,,,

  5. siwibi said

    Pak, ditunggu bagian keduanya

    makasih

  6. romi said

    pak bagian keduanya mana ya ya….

  7. Riska said

    pak, izin copas buat tugas ya
    urgent, mohon di share bag ke 2 nya buat tugas jg pak,

    regards

  8. wahyhu said

    kek berasa dejavu ya????

Tinggalkan Balasan ke mukhlisukses Batalkan balasan