CHANGE YOUR MINDS DESIGN YOUR DESTINY

BISNIS,HOBI DAN PETUALANGAN MENUJU SUKSES HAKIKI

MANA YANG LEBIH EFEKTIF,HADIAH ATAU DISKON ?

Posted by mukhlisukses pada 10 Juni, 2008

Kompetisi dalam dunia usaha semakin ketat dan menantang nyali,bahkan dalam bidang tertentu bisa sampai berdarah-darah.Makanya dibutuhkan kejelian untuk merebut perhatian konsumen pada saat biaya promosi semakin mahal.Bahkan Mr.Tung Desem Waringin membuat HUJAN UANG di kota Serang untuk mempromosikan buku terbarunya,MARKETING REVOLUTION dan sekaligus sebagai PROTES MARKETING .

Karena menurut beliau banyak perusahaan yang menghambur-hamburkan uang untuk biaya promosi tetapi tidak menghasilkan penjualan yang sepadan seperti menjatuhkan uang ke kawah gunung berapi,yang akan lenyap tanpa bekas.
Semakin besar pangsa pasar yang ada,akan semakin banyak pemain yang nimbrung untuk memperebutkannya.Lalu bagaimana nasib bisnis yang masih kecil sekelas UKM ?.
Justru karena masih skala kecil,kita biasanya lebih lincah dalam memainkan ritme pemasaran dan lebih cepat merespon kemauan konsumen tanpa dipusingkan dengan meeting-meeting panjang untuk mengambil sebuah keputusan pemasaran,seperti standar perusahaan besar.
Bagaimana strategi yang baik untuk memenangkan pertarungan merebut hati konsumen ?.
Bila kita bermain di Red Ocean,maka stategi yang paling sering dipakai adalah dengan mengotak-atik harga dengan diskon atau memberikan hadiah kepada konsumen.Seperti yang sedang di lakukan semua operator seluler di Indonesia.
Mana yang lebih efektif ?,Menurut sebuah survey,konsumen Indonesia lebih suka diskon (sekitar 76%) daripada hadiah (sekitar 18%).
Apa alasan konsumen sehimgga lebih menyukai diskon di banding hadiah ?,kalau menurut saya,karena konsumen kita lebih suka kepastian.Diskon memberikan kepastian dan langsung bisa dirasakan manfaatnya minimal merasa hemat,membayar sedikit mendapat banyak.
Tetapi kalau hadiah,memberikan ketidak pastian,bisa dapat bisa tidak dan kemungkinan tidak dapatnya lebih besar (kecuali hadiah langsung tentunya).
Tetapi hadiahnya langsung biasanya kurang menarik karena nilainya yang kecil.
Kami sendiri cenderung menggunakan diskon sepanjang tahun seperti yang di lakukan TDW dengan toko Toga Mas-nya,dan sering membuat obralan dengan diskon yang lebih menggiurkan konsumen serta sesekali memberikan hadiah langsung atau hadiah undian.Dan setiap mengadakan hadiah langsung penjualan selalu naik dengan signifikan.
Bulan Mei dan Juni ini kami memberikan hadiah langsung sekitar 3000-4000 gantungan HP kepada konsumen yang saat ini hampir habis dan secara otomatis sales juga meningkat.
Menurut sebagian pakar marketing,hadiah langsung tanpa di undi itu lebih bagus di terapkan di banding diskon,karena hadiah itu bisa bernilai jauh lebih tinggi di mata konsumen dibanding biaya yang kita keluarkan untuk membeli hadiah itu.Misalnya harga modal hadiah itu sebenarnya Rp,5.000,- tetapi setelah dikemas dg bagus bisa bernilai Rp,25.000,-di mata konsumen yang menapatkan hadiah tersebut.
Begitu juga dengan hadiah yang di undi,bisa juga menggerakkan banyak konsumen untuk melakukan transaksi karena tergiur dengan hadiah yang di tawarkan.Bank BCA dan Bank Mandiri termasuk yang paling menikmati strategi ini.Syaratnya hanya Hadiah yang bombastis dan komunikasi yang massiv.
Kami juga pernah mencoba beberapa kali strategi hadiah undian ini,diatanranya tahun 2002 kami beriklan di majalah Tarbawi dan UMMI (kalau nggak salah);BELI JILBAB BISA DAPAT HP.Walaupan masih dalam skala kecil tetapi menurut kami itu yang pertama di Indonesia,jualan jilbab dengan hadiah Hp dan perlu dicatat bahwa HP saat itu masih menjadi impian banyak orang karena harganya masih mahal tidak seperti sekarang.Dan Al-hamdulillah penjualan naik hampir 50%.
Kesimpulan saya,efektifitas diskon dan hadiah bisa dibilang hampir sama tergantung bagaimana kita meng-eksekusi strategi tersebut.Kadang hadiah bisa lebih menarik tetapi pada saat dan tempat yang berbeda bisa sebaliknya,diskon lebih menggiurkan.
Akan lebih powerfull bila sesekali dilakukan bersama.Karena sebuah promosi tidak akan menarik lagi bila sudah dilakukan oleh semua pemasar di bidang yang sama.Entah itu diskon ataupun hadiah.Tinggal bagaimana cara mengeksekusi strategi diskon dan hadiah dengan cara yang unik dan berbeda.
Akan lebih baik bila Anda bisa bermain di Blue Ocean sehingga persaingan sangat kecil bahkan bisa tanpa pesaing.tetapi bila masih bermain di Red Ocean seperti kami maka stamina harus terus dijaga untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat.
Selamat mencoba…n sukses slalu untuk Anda.
By:Mukhlis,Owner BM.Raihan

Satu Tanggapan to “MANA YANG LEBIH EFEKTIF,HADIAH ATAU DISKON ?”

  1. Kalo menurut saya lebih enak jadi pembicara. Dapat duit banyak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: