CHANGE YOUR MINDS DESIGN YOUR DESTINY

BISNIS,HOBI DAN PETUALANGAN MENUJU SUKSES HAKIKI

SAATNYA BERBURU STOK BARU

Posted by mukhlisukses pada 20 Oktober, 2008

Saat ini sebagian besar pedagang sedang berburu stok baru setelah “kehabisan” barang dagangan pada saat puasa lalu,terutama untuk produk busana.Biasanya butuh waktu beberapa minggu sampai beberapa bulan untuk mencapai stok yang stabil.Karena sebagian besar produsen juga harus berburu bahan baku untuk memulai produksi begitu seterusnya sampai tingkat pabrik bahan baku.Itulah kadang yang membuat masa stok kosong ini menjadi agak lama.

Tetapi untuk pedaganga kelas kakap biasanya lebih siap dalam menyambut masa-masa seperti ini karena permodalan yang cukup kuat sehingga biasanya sudah mempersiapkan stok yang memadai.
Bila saya perhatikan di pasar Tanah Abang atau di Jatinegara,sebagian besar pedagang masih belum memiliki stok yang memadai bahkan ada beberapa toko yang masih memilih untuk tutup karena stoknya benar-benar ludes pada saat bulan puasa kemaren,ada juga yang tetap buka dengan memajang patung-patung displyai yang telanjang.Jadi pada parno gitu,heheeheee….

Ada beberapa tips untuk menyiasati masa-masa stok kosong seperti sekarang:
#Untuk Anda yang memiliki modal yang besar,lebih baik memperbanyak stok pada saat puasa atau sebelumnya.Sehingga pada masa seperti sekarang stok masih cukup untuk memenuhi permintaan konsumen.
#Perbanyak supplyer,sehingga banyak alternatif untuk mencari stok baru.Jadi bila ada supplyer yang tidak punya stok,kita bisa mencari dari supplyer lain.
#Mengajukan order lebih awal untuk produk-produk yang sedang laris ke produsen atau supplyer,entah itu pada akhir Ramadhan atau langsung setelah lebaran kemaren.Sehingga stok produk tersebut bisa di dapat lebih cepat.
Anda punya cara lain..?.Bisa Anda tambahkan sendiri….

Itu beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk memperpendek masa-masa “sepi” stok.Walaupun memang biasanya ada masa sepi pembeli juga pacca puasa ini terutama untuk para pedagang ritel ,tetapi untuk pedagang grosiran,biasanya malah membutuhkan stok yang banyak untuk memenuhi permintaan para agen atau para pedagang eceran tadi.Sehingga bila tidak memiliki stok yang memadai maka akan kehilangan omset yang cukup banyak.Jadi semakin bagus stok yang kita miliki maka masa-masa sepi pembeli tidak akan berlangsung lama.

Bagaimana dengan usaha Anda…?
Semoga sukses slalu…
By:Mukhlis,Owner BM.Raihan

2 Tanggapan to “SAATNYA BERBURU STOK BARU”

  1. mz rofiq said

    Assalamu’alaikum WR WB.

    Pak Mukhlis , saya baru membuka toko pakaian dan toys yang saya kemas dalam satu toko dan saat ini saya belum menggunakan software POS (Point of Sales). Melihat perkembangan toko yang cukup pesat maka tidak ada pilihan lagi bagi saya untuk segera menggunakan program POS agar sistem keuangan dapat berlajar cepat dan lancar. Kalau boleh nanya, software POS apa yang tepat/cocok (aplikasi mudah dan handal) digunakan untuk dipakai di toko saya ? karena banyak sekali macam-macam software POS yang ada dipasaran.

    Terima kasih atas bantuannya.
    salam sukses selalu

    Wassalamu’alaikum WR WB
    mz rofiq

    • mukhlisukses said

      To mz Rofiq;Maaf pak..untuk masalah POS,saya blm banyak tahu.Ada beberapa teman yg merekomendasikan Zahir atau Accurate.Mksh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: